Manfaat Biji Kelor Buat Kesehatan

Manfaat Biji Kelor Buat Kesehatan

 

Kelor atau Moringa oleifera adalah sejenis tumbuhan dari suku Moringaceae. Tumbuhan ini memiliki ketinggian batang 7—11 meter. Daun kelor berbentuk bulat telur dengan ukuran kecil-kecil bersusun majemuk dalam satu tangkai, dapat dibuat sayur atau obat. Bunganya berwarna putih kekuning-kuningan dan tudung pelepah bunganya berwarna hijau; bunga ini keluar sepanjang tahun dengan aroma bau semerbak. Buah kelor berbentuk segitiga memanjang yang disebut kelentang, juga dapat disayur. Nama umum Indonesia: Kelor, limaran (Jawa) Inggris : Moringa, ben-oil tree, clarifier tree, drumstick tree Melayu : kalor, merunggai, sajina Vietnam : Chùm ngây Thailand : ma-rum Pilipina : Malunggay

Kelor memiliki banyak manfaat bagi manusia terutama buat kesehatan. Berbagai bagian dari tanaman kelor bisa dimakan. Cara memanfaatkan kelor juga sangat bervariasi, mulai dari biji polong muda atau disebut “stik drum”, sangat populer di Asia dan Afrika. Untuk bagian daun kelor, dimanfaatkan khususnya di Kamboja, Filipina, India Selatan dan Afrika. Biji matang, dan minyak dari biji serta akar kelor.

Di beberapa daerah, polong muda yang paling sering dimakan, sedangkan daun kelor adalah bagian paling umum digunakan. Bunganya dapat dimakan saat dimasak dan terasa seperti jamur. Kulit kayu, getah, akar, daun, biji, minyak, dan bunga digunakan dalam pengobatan tradisional di beberapa negara. Di Jamaika, getah digunakan untuk pewarna biru alami.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menobatkan kelor sebagai “Pohon Ajaib” (MIracle Tree atau juga “Tree for Life”.) setelah melakukan studi dan menemukan bahwa tumbuhan ini berjasa sebagai penambah kesehatan berharga murah selama 40 tahun ini di negara-negara termiskin di dunia. Pohon kelor memang tersebar luas di padang-padang Afrika, Amerika Latin, dan Asia. National Institute of Health (NIH) pada 21 Maret 2008 mengatakan, bahwa pohon kelor “Telah digunakan sebagai obat oleh berbagai kelompok etnis asli untuk mencegah atau mengobati lebih dari 300 jenis penyakit”. Tradisi pengobatan ayurveda India kuno menunjukkan bahwa 300 jenis penyakit dapat diobati dengan daun moringa oleifera.

Manfaat utama daun kelor adalah:

  1. Meningkatkan ketahanan alamiah tubuh
  2. Menyegarkan mata dan otak
  3. Meningkatkan metabolisme tubuh
  4. Meningkatkan stuktur sel tubuh
  5. Meningkatkan serum kolesterol alamiah
  6. Mengurangi kerutan dan garis-garis pada kulit
  7. Meningkatkan fungsi normal hati dan ginjal
  8. Memperindah kulit
  9. Meningkatkan energi
  10. Memudahkan pencernaan
  11. Memelihara sistem imunitas tubuh
  12. Meningkatkan sistem sirkulasi yang menyehatkan>Bersifat anti-peradangan
  13. Memberi perasaan sehat secara menyeluruh
  14. Mendukung kadar gula normal tubuh
  15. Memerangi Kekurangan Gizi

Manfaat Biji Buah Kelor Untuk Kesehatan Dan Khasiat Biji Buah Kelor

1. Mengandung Gizi Tinggi

Dalam setiap bagian tanaman kelor ternyata memiliki banyak manfaat dan khasiat loh. Mulai dari daun, bunga dan biji buah kelor memiliki manfaat yang tak sedikit. Diantaranya adalah kandungan gizi yang tinggi di dalamnya sehingga sangat bagus untuk kesehatan tubuh kita. Misalnya manfaat daun kelor, di sana ada terkandung gizi tinggi yang sangat bagus dan juga terdapat nutrisi yang bisa dijadikan sebagai sumber vitamin dan juga protein. Secara lebih detail, misalkan dalam satu cangkir daun kelor, maka kandungan nutrisi seperti di bawah ini :

– Vitamin B6 mampu menyuplai 19% dari kebutuhan Vitamin 6 harian dalam tubuh manusia
– Protein dengan kapasitas mencapai 2 gram
– Kandungan vitamin C mencapai 12% dari kebutuhan harian vitamin C pada tubuh normal manusia
– Kandungan zat besi mencapai 11% dari kebutuhan harian zat besi pada tubuh manusia
– Vitamin B2 atau riboflavin mencapai 11% dari kebutuhan harian vitamin B2 pada tubuh manusia
– Vitamin A atau beta karoten mencapai 9% dari perhitungan angka kecukupan gizi seimbang pada tubuh manusia
– Magnesium mencapai 8% dari angka kecukupan gizi seimbang pada tubuh manusia

Memang tanaman kelor kaya sekali akan manfaat yang bisa digunakan untuk tubuh manusia. Bukan saja daunnya yang bisa diambil manfaatnya, namun hampir semua bagian pada tanaman kelor bisa digunakan untuk kesehatan. Bahkan untuk daun kelor, banyak yang sudah menggunakannya sebagai bahan herbal pengobatan dengan cara diolah sampai menjadi bubuk yang halus. Dari bubuk ini kemudian diolah baik dijadikan dalam bentuk makanan maupun dalam bentuk obat yang sudah dikemas.

Bunga kelor sendiri juga memiliki nutrisi meski tak sebanyak pada daun kelor, namun meski nutrisi nya sedikit, buah kelor memiliki kandungan vitamin C yang sangat banyak. Di bawah ini adalah beberapa manfaat kelor, baik manfaat biji buah kelor, manfaat bunga kelor, ataupun manfaat daunnya yang sangat kaya sekali.

2. Kaya Anti Oksidan

Semakin ke sini, anti oksidan ini sangat dibutuhkan oleh tubuh manusia. Karena bagaimanapun juga karena perkembangan jaman yang semakin maju, tentunya akan ada semakin banyak radikal bebas yang sangat banyak bagi tubuh manusia. Polusi dari pabrik, kendaraan bermotor ataupun polusi dari proyek yang lain selalu menimbulkan radikal bebas yang sangat sulit dikendalikan. Dari radikal bebas inilah kemudian akan bisa memunculkan berbagai jenis penyakit seperti kanker dan juga diabetes tipe 2. Nah, untuk menangkal radikal bebas ini, ternyata dalam tanaman kelor sangat banyak tersedia.

Ada zat anti oksidan di dalam tanaman kelor yang sangat melimpah seperti quercetin dan juga asam klorogenat. Quercetin sendiri memiliki fungsi bisa menurunkan kadar gula yang cukup tinggi sehingga sangat bagus untuk penderita gula atau diabetes. Sedangkan asam klorogenat sendiri juga mampu menurunkan kadar gula dalam darah. Selain itu manfaat lain dari tanaman kelor ini adalah bisa digunakan sebagai pengawet alami makanan sehingga bisa awet namun tetap sehat.

3. Mampu Menjadi Penurun Gula Darah

Kadar gula darah yang tinggi atau kadar gula darah yang tak terkendali dalam tubuh manusia akan rentan terhadap penyakit diabetes. Dan jika dibiarkan saha maka gula darah yang tak terkontrol ini ternyata juga bisa menyebabkan terjadinya penyakit jantung. Dalam sebuah penelitian yang dilakukan oleh para ahli, ternyata dengan mengkonsumsi ekstrak kelor secara teratur bisa menurunkan kadar gula darah dalam tubuh. Maka dari itu, Anda seharusnya seudah mengetahui berbagai manfaat tanaman kelor atau juga manfaat biji buah kelor untuk kesehatan dan khasiat biji buah kelor untuk kesehatan tubuh kita.

4. Bisa Mengurangi Peradangan

Radang bisa disebabkan noleh beberapa masalah gangguan kesehatan. Yang paling kerap terjadi adalah radang disebabkan oleh adanya infeksi atau luka baik luka dari dalam maupun luka dari luar tubuh. Radang sendriri sebenarnya adalah salah satu mekanisme dari tubuh sebagai salah satu cara untuk melindungi tubuh dari infeksi luka yang bisa bertambah meluas dan semakin parah. Namun demikian, meski itu adalah salah satu dari mekanisme tubuh untuk melindungi bagian tubuh, Anda tidak boleh membiarkannya dalam waktu yang lama tanpa pengobatan. Karena hal ini akan menimbulkan beragam penyakit serius seperti kanker dan jantung.

Nah, untuk menangani masalah peradangan ini ternyata manfaat biji buah kelor untuk kesehatan dan khasiat biji buah kelor untuk kesehatan bisa diandalkan. Karena biji buah kelor ternyata terbukti bisa menjadi bahan anti inflamasi yang aman dan sehat untuk manusia. Jadi Anda tidak perlu khawatir lagi dengan berbagai peradangan yang sering terjadi pada tubuh kita, kita cukup menggunakan biji buah kelor untuk mengatasinya. Namun demikian, akan tetap lebih baik jika Anda juga mengkonsultasikan nya juga dengan dokter terdekat.

5. Mampu Menurunkan Kolesterol

Kolesterol adalah salah satu sumber penyakit modern yang banyak menyerang manusia. Kolesterol saat ini juga menjadi salah satu jenis penyakit yang populer di kalangan umat manusia. Begitu berbahaya karena sering kali orang yang terkenan oenyakit jenis ini tidak menunjukkan gejala gangguan yang signifikan. Namun dengan tiba-tiba datang begitu saja ketika sudah kronis dan parah. Keberadaan kolesterol pada darah sendiri sebenarnya sangat dibutuhkan oleh tubuh manusia, namun tetao saja dalam takaran yang pas tidak boleh berlebihan. Jika berlebihan, maka itu bisa berbahaya dan bisa mengakibatkan penyumbatan di dalam aliran darah sehingga bisa menimbulkan penyakit serius yang lain seperti jantung, stroke dan bisa juga tekanan darah tinggi.

 

Baca Artikel lainnya  !!!

 

Incoming search terms:

  • cara mengolah biji kelor untuk kecantikan
  • Herbal bunga kelor
  • nama obat yg terbuat dari biji kelor

You may also like...

%d bloggers like this: