Khasiat Klorofil

Khasiat Klorofil

 

 

Apa itu Klorofil? Klorofil adalah INTI DARI SAYURAN HIJAU yang merupakan nutrisi yang sangat vital & dibutuhkan tubuh manusia sehari-hari. Kandungan nutrisi terpenting pada sayuran sebenarnya terdapat pada klorofil.  

Klorofil adalah zat hijau daun pada tanaman yang memfasilitasi penyerapan cahaya dari matahari. Klorofil memiliki kemampuan untuk mengubah energi cahaya agar menjadi bentuk yang dapat digunakan untuk berbagai proses seperti fotosintesis, yaitu pada tanaman hijau untuk menyiapkan makanannya sendiri. Sel Tanaman menyimpan sinar matahari  dan kemudian membuatnya agar bisa kita konsumsi. Itulah alasan di balik warna hijau dan pigmentasi pada tanaman. Ada berbagai macam bentuk klorofil yang terbentuk secara alami,  seperti klorofil a dan klorofil b. Namun yang paling penting dan banyak terdapat dalam tanaman adalah klorofil a.

Klorofilin merupakan turunan klorofil yang diperoleh dari campuran sodium dan garam tembaga yang berasal dari klorofil. Sementara klorofil larut dalam lemak, dan klorofilin larut dalam air dan juga digunakan sebagai obat alternatif.

Klorofil adalah makanan yang lengkap dengan berbagai nutrisi yang kuat. Adalah Sumber yang baik vitamin seperti vitamin A, vitamin C, vitamin E, vitamin K dan beta karoten. Klorofil kaya akan antioksidan, serta mineral penting seperti magnesium, zat besi, kalium, kalsium dan asam lemak esensial.

Sumber Klorofil

Manfaat Chlorophyll yaitu :

  • Membersihkan racun dalam tubuh (detoks). Ekor molekul bersifat hidrofobik (larut dalam lemak) dapat masuk ke dalam sel, mengikat dan mengeluarkan senyawa hidrokarbon seperti obat-obatan yang tertimbun dalam tubuh, pengawet dan penyedap rasa makanan, nikotin, narkotika bahkan logam berat dari air minum & asap kendaraan bermotor.
  • Sebagai penyuplai energi. Klorofil memproduksi sel darah merah paling cepat dalam tubuh & memaksimalkan pengangkutan oksigen.
  • Menguatkan system peredaran darah, organ reproduksi, pencernaan dan pernafasan. Memperbaiki fungsi liver (hati), memperkuat system kekebalan tubuh & mempercepat penyembuhan luka.
  • Membersihkan kolesterol yang mengkristal di peredaran darah, mencegah stroke & sakit jantung, mempercepat regenerasi sel, juga sebagai antioksidan yang kuat (zat anti kanker).
  • Sebagai penyeimbang (regulator) yang menyeimbangkan gula darah, system hormonal & kadar asam (pH) dalam tubuh. Mengandung spearmint yang berfungsi sebagai anti septic alami.

Clorofill Dapat membantu penyembuhan penyakit:

  • Anemia (kurang darah), Diabetes, Kolesterol, asam urat,Tumor dan kanker, Atherosklerosis, hipertensi dan jantung, Nyeri sendi (rheumatoid arthritis), nyeri tulang, nyeri otot (myalgia),Demam berdarah,Ginjal, Sariawan, bau mulut, bau badan, Radang tenggorokan, influenza, asma, bronchitis, Sakit maag (gastritis), sembelit, perut kembung, wasir/ambeien, Gangguan menstruasi, Hepatitis dan gangguan liver lain, Osteoporosis, Hemofilia, Luka baru, luka lama yang sukar sembuh.

Fungsi utama Chlorophyll
• Cleansing : detoksifikasi dan mencegah infeksi
• Balancing: menyeimbangkan kadar asam dan alkali tubuh
• Nourishing: meregenerasi sel darah merah dan menstimulasi regenerasi sel

Manfaat klorofil untuk kesehatan banyak sekali, termasuk pencegahan anemia, menguatkan darah pembentuk organ dan kecukupan oksigen di dalam tubuh. Klorofil dipenuhi oleh antioksidan, serta memberikan efek menguntungkan terhadap berbagai kondisi medis seperti kanker, insomnia, penyakit gigi, sinusitis, pankreatitis dan batu ginjal.

Klorofil membantu penyembuhan luka normal, pembekuan darah, keseimbangan hormon, penghilang bau, detoksifikasi tubuh serta dapat meningkatkan kesehatan pencernaan. Klorofil juga dapat menyembuhkan efek akibat oksidasi dan untuk kondisi peradangan seperti arthritis dan fibromyalgia. Klorofil juga memiliki sifat anti penuaan, anti mikroba dan membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh.

Tidak terlalu sulit untuk mendapatkan klorofil, karena ia tersedia dalam makanan kita sehari-hari yang meliputi semua tanaman hijau kaya klorofil. Banyak sayuran yang kita kenal dan rutin kita konsumsi mengandung klorofil serta klorofil jenis b. Sayuran seperti  daun bawang, kacang hijau, sayuran berdaun hijau gelap seperti peterseli, kangkung, selada, Swiss chard, daun singkong, daun pepaya dan bayam menyediakan klorofil alami bagi tubuh kita. Selain itu, kecambah, ganggang hijau biru (seperti chlorella dan spirulina) juga merupakan sumber klorofil yang baik. Makanan yang terlalu matang cenderung dapat merusak klorofil serta kadar magnesium didalamya, sehingga memakan sayuran mentah atau dikukus adalah metode terbaik untuk mendapatkan manfaat maksimal dari klorofil dan nutrisi lain pada umumnya.

Sel darah merah:
Klorofil berguna untuk memulihkan dan pengisian sel-sel darah merah. Klorofil bekerja pada tingkat molekuler dan seluler serta memiliki kemampuan untuk meregenerasi tubuh kita. Klorofil kaya akan enzim hidup yang membantu dalam pembersihan darah dan meningkatkan kemampuan darah untuk membawa oksigen lebih banyak. Klorofil adalah pembangun darah dan juga efektif untuk mengatasi anemia yang disebabkan karena defisit sel darah merah dalam tubuh.

Kanker:
Klorofil efektif melawan kanker seperti kanker usus besar, dan dapat merangsang induksi apoptosis. Ini akan memberikan perlindungan terhadap berbagai karsinogen yang terdapat dalam udara, daging dan biji-bijian yang dimasak. Studi telah menjelaskan bahwa klorofil dapat membantu untuk menahan penyerapan  racun berbahaya oleh pencernaan, atau juga dikenal sebagai aflatoksin dalam tubuh. Klorofil dan turunannya klorofilin berguna menghambat metabolisme prokarsinogen yang dapat merusak DNA dan juga yang dapat menyebabkan kanker hati dan hepatitis. Penelitian lebih lanjut yang dilakukan dalam hal ini telah menganjurkan efek pencegahan kemoterapi klorofil, yang dikaitkan dengan sifat antimutagenik nya. Penelitian lain telah menunjukkan kemanjuran klorofil sebagai senyawa fitokimia dalam pengurangan tumorigenesis.

Kekuatan antioksidan:
Klorofil memiliki kapasitas antioksidan yang kuat bkarena sejumlah besar vitamin esensial. Anti radikal bebas efektif dalam klorofil akan membantu untuk menetralkan molekul berbahaya serta  menjaga perkembangan berbagai penyakit dan kerusakan yang disebabkan stres oksidatif oleh radikal bebas.

Arthritis:
Sifat anti inflamasi dari klorofil membuatnya juga bermanfaat untuk arthritis. Penelitian telah menunjukkan bahwa klorofil dan turunannya akan mengganggu pertumbuhan bakteri yang menginduksi inflamasi. Ini adalah sifat pelindung klorofil yang membuatnya menjadi bahan kuat untuk persiapan phytomedicines untuk mengobati kondisi medis yang menyakitkan seperti fibromyalgia dan arthritis.

Detoksifikasi:
Klorofil telah menunjukkan kualitas yang dapat membantu dalam mengeluarkan racun dari tubuh. Kelimpahan oksigen dan aliran darah yang sehat dalam tubuh akan mendorong untuk menyingkirkan kotoran berbahaya atau racun. Klorofil membentuk kompleks dengan mutagen yang memiliki kemampuan untuk mengikat membersihkan bahan kimia beracun dan logam berat seperti merkuri dari dalam tubuh. Ini akan membantu dalam detoksifikasi dan menghidupkan fungsi hati. Klorofil juga efektif  untuk mengurangi efek berbahaya oleh radiasi , serta membantu menghilangkan pestisida dan residu obat dari dalam tubuh.

Anti penuaan:
Klorofil akan membantu memerangi efek penuaan dini, serta mendukung  menjaga jaringan yang sehat karenatingginya antioksidan dan kandungan magnesium. Klorofil merangsang enzim anti penuaan dan mendorong agar kulit menjadi sehat dan awet muda. Selain itu, vitamin K dalam klorofil akan meremajakan kelenjar adrenal dan meningkatkan fungsi adrenal dalam tubuh.

Kesehatan pencernaan:
Klorofil mempromosikan pencernaan yang sehat dengan menjaga flora usus dan merangsang gerakan usus. Bertindak sebagai obat alami untuk saluran usus dan akan membantu untuk  pembaruan jaringan usus yang luka . Diet yang kekurangan sayuran hijau, termasuk daging merah majorly dapat menimbulkan risiko gangguan usus. Seperti hasil penelitian, klorofil akan memfasilitasi pembersihan usus dengan jalan menghambat sitotoksisitas diinduksi oleh diet heme dan mencegah proliferasi colonocytes. Hal ini efektif untuk meredakan sembelit dan ketidaknyamanan yang disebabkan oleh gas dalam perut.

Insomnia:
Klorofil memiliki efek yang menenangkan untuk saraf, membantu dalam mengurangi gejala insomnia, iritasi saraf dan kelelahan tubuh secara umum.

Sifat anti mikroba:
Klorofil memiliki sifat antimikroba yang efektif. Studi terbaru menunjukkan efek penyembuhan berbasis klorofil basa dalam memerangi kondisi medis yang disebut Candida albicans, yang merupakan infeksi yang disebabkan oleh pertumbuhan berlebihan semacam ragi yang disebut candida yang sudah ada dalam jumlah kecil dalam tubuh manusia.

Sistem kekebalan tubuh:
Klorofil membantu dalam penguatan dinding sel dan sistem kekebalan tubuh secara keseluruhan terkait dengan sifat alkali. Bakteri anaerob yang mempromosikan perkembangan penyakit tidak akan dapat bertahan hidup pada lingkungan alkalin yang diberikan oleh klorofil. Seiring dengan ini, klorofil merupakan oxygenator yang mendorong kemampuan tubuh untuk melawan penyakit , serta  meningkatkan tingkat energi dan mempercepat proses penyembuhan.

Penghilang bau:
Klorofil juga dihargai karena sifat penghilang baunya. Klorofil merupakan obat yang efektif untuk memerangi bau mulut, dan sudah digunakan pada  obat kumur. Kesehatan pencernaan adalah salah satu penyebab utama bau mulut. Klorofil melakukan aksi ganda dengan menghilangkan bau dari mulut dan tenggorokan , serta sekaligus akan merangsang kesehatan pencernaan dengan membersihkan usus dan aliran darah. Efek penghilang bau klorofil juga mujarab pada luka borok. Klorofil dapat diberikan secara oral kepada pasien yang menderita colostomies dan gangguan metabolisme,  seperti trimethylaminuria untuk mengurangi bau feses dan air seni.

Penyembuhan luka:
Klorofil adalah penyembuh luka yang super. Studi telah menyatakan bahwa penggunaan topikal klorofil merupakan solusi  efektif untuk pengobatan luka terbuka dan luka bakar. Klorofil akan membantu mengurangi peradangan lokal, memperkuat jaringan tubuh, membantu mematikan kuman dan meningkatkan ketahanan sel-sel dari infeksi. Klorofil akan mencegah pertumbuhan bakteri dengan disinfektan lingkungan dan akan mempercepat penyembuhan. Terapi Klorofil juga cukup efektif dalam pengobatan ulkus varises kronis kaki.

Keseimbangan asam alkali:
Konsumsi makanan yang kaya klorofil dapat membantu dalam menyeimbangkan rasio asam-alkali dalam tubuh. Magnesium yang terdapat dalam klorofil adalah mineral yang sangat alkali. Dengan mempertahankan alkalinitas dan kadar oksigen yang tepat dalam tubuh, klorofil akan mencegah perkembangan pertumbuhan bakteri patogen. Magnesium  dalam klorofil juga penting dalam menjaga kesehatan jantung, ginjal berfungsi, otot, hati dan otak.

Tulang yang kuat dan otot:
Klorofil juga membantu pembentukan dan pemeliharaan tulang yang kuat. Atom pusat molekul klorofil yaitu magnesium berperan penting untuk kesehatan tulang dengan nutrisi penting lainnya seperti kalsium dan vitamin D. Magnesium dalam klorofil juga berkontribusi terhadap toning otot, kontraksi dan relaksasi.

Pembekuan darah:
Klorofil mengandung vitamin K yang penting untuk pembekuan darah yang normal. Hal ini digunakan dalam naturopati untuk pengobatan mimisan dan untuk perempuan yang menderita anemia dan perdarahan menstruasi yang berat.

Batu ginjal:
Klorofil membantu  mencegah pembentukan batu ginjal. Vitamin K  dalam klorofil akan membentuk senyawa penting dalam urin ayng akan  membantu untuk mengurangi pertumbuhan kristal kalsium oksalat.

Sinusitis:
Klorofil efektif digunakan dalam pengobatan berbagai infeksi pernapasan dan kondisi lain seperti dingin, rhinitis dan sinusitis.

Keseimbangan hormon dan kesehatan reproduksi:
Klorofil bermanfaat untuk menjaga keseimbangan hormon reproduksi pada pria dan wanita. Vitamin E  dalam klorofil akan membantu untuk merangsang produksi testosteron pada pria dan estrogen pada wanita.

Pankreatitis:
Klorofil digunakan oleh profesional kesehatan dalam pengobatan pankreatitis kronis. Menurut penelitian yang dilakukan, klorofil dapat membantu mengurangi demam dan dapat meredakan sakit perut dan ketidaknyamanan yang disebabkan oleh pankreatitis tanpa menimbulkan efek samping.
Kesehatan mulut:

Klorofil membantu untuk pengobatan pada masalah gigi seperti penyakit gusi. Dalam hal ini digunakan untuk mengobati gejala infeksi mulut dan menenangkan peradangan gusi serta gusi berdarah.

Penggunaan Kuliner:
Seiring dengan konsumsi rutin,  klorofil beserta turunannya klorofilin juga berfungsi sebagai aditif untuk makanan , serta juga digunakan untuk memberikan warna hijau pada berbagai jenis makanan dan minuman.

%d bloggers like this: