Manfaat Daun Kelor

Manfaat Daun Kelor

 

Sejak jaman dahulu daun kelor telah diketahui memiliki berbagai manfaat khususnya untuk kesehatan. Para orang tua jaman dulu telah memanfaatkan daun kelor ini untuk penyembuhan beberapa jenis penyakit. Penyakit yang paling sering umum diobati dengan penggunaan daun kelor ini adalah penyakit demam. Selain itu, daun kelor juga biasa digunakan untuk bahan sayuran.

Dari beberapa literature yang ada, diketahui daun kelor memiliki manfaat sebagai antimikroba, antibakteri, antioksidan, mempercepat penyembuhan berbagai penyakit radang, mengobati penyakit flu dan pilek, cacingan, bronchitis, kanker, dan tiroid. Beberapa literature bahkan menyebutkan bahwa daun kelor ini memiliki manfaat untuk mengendalikan virus herpes simplek dan HIV/AIDS.

Timbul pertanyaan mengapa daun kelor ini memiliki begitu banyak manfaat untuk kesehatan, terutama dalam mengobati berbagai macam penyakit?

  • Hal ini disebabkan oleh tingginya kandungan nutrisi berbagai jenis vitamin dan mineral dalam daun kelor ini. Sebagai contoh, kandungan vitamin C dalam daun kelor ternyata bisa mencapai tujuh kali lipat dari kandungan vitamin C dalam jeruk. Tidak heran jika daun kelor ini memiliki manfaat sebagai antioksidan. Bagaimana dengan vitamin A? ternyata kandungan vitamin A dalam daun kelor ini empat kali lipat dibandingkan dengan kandungan vitamin A dalam wortel. Berikutnya, kandungan kalsium dalam daun kelor ternyata memiliki kandungan empat kali lebih banyak dibandingkan dengan klasium susu.

manfaat daun kelor untuk kesehatanMasih banyak kandungan zat-zat mineral dalam daun kelor yang memiliki manfaat untuk menjaga kesehatan tubuh. Tidak heran, saat ini daun kelor menjadi populer kembali untuk digunakan sebagai alternative bagi pengobatan berbagai macam penyakit. Selain lebih aman, karena bahannya menggunakan seratus persen alami, dari daun kelor, tanpa campuran zat kimia, juga akan lebih murah karena bahannya mudah didapat. Pohon daun kelor ini termasuk jenis pohon yang mudah tumbuh didaerah manapun.

Mengingat manfaatnya yang banyak bagi kesehatan, saat ini sudah banyak tersedia produk alternative pengobatan berbahan dasar daun kelor ini. Kemasan dan bentuknya pun beraneka macam, ada yang dikemas dalam bentuk teh kering, teh celup maupun kapsul. Harganya pun relative murah jika dibandingkan dengan obat berbahan dasar zat kimia.

annasahmad Posted in daun kelor, info daun kelor, manfaat daun kelorkhasiat daun kelor, khasiat kelor, manfaat daun kelor, Manfaat Daun Kelor Untuk Kesehatan, manfaat kelor, manfaat kelor untuk kecantikan Leave a comment
08DEC

Daun Kelor Untuk Obat

moringa_botanic1

gambar daun kelor 6Beberapa manfaat daun kelor untuk obat antara lain adalah :

  • Menurunkan kolesterol
    Pada studi yang dilakukan pada kelinci diberi makan daun kelor 200mg/kg/hari ditemukan menurunkan kadar kolesterol ,fosfolipid ,trigliserida ,VLDL ,LDL. Penggunaan daun kelor pada kelinci yang normal dapat menurunkan kadar HDL. Dari hasil penelitian tersebut, studi ini menunjukkan bahwa daun kelor memiliki efek hypolipidaemic.
  • Menurunkan kadar gula dalam darah
    Daun kelor memiliki lebih banyak antioksidan dibandingkan dari daun hijau. Daun kelor atau Moringa mengandung semua nutrisi penting yang dibutuhkan untuk reaksi biokimia untuk melakukan regenerasi secara teratur. Para peneliti di London baru-baru ini melaporkan bahwa vitamin D sangat penting untuk sel-sel islet dalam pankreas dapat mensekresi insulin dengan baik.
  • Menurunkan tekanan darah tinggi
    Nutrisi penting yang dibutuhkan oleh seseorang yang menderita tekanan darah tinggi Kalsium, Magnesium, Kalium, Zinc, dan Vitamin E. Daun kelor mengandung seluruh zat gizi tersebut di dalamnya. Moringa mengandung Vitamin C membantu mendukung produksi tubuh oksida nitrat, yang sangat penting untuk fungsi normal dari pembuluh darah. Semakin baik pembuluh darah Anda bekerja, menurunkan risiko hipertensi.
  • Membantu mencegah kanker
    Pohon kelor telah lama diakui secara tradisional sebagai solusi dalam pengobatan tumor dan kanker. Meskipun penelitian ilmiah menjadi efek dari pohon kelor pada kanker telah dibatasi, tampaknya ada beberapa bukti yang mendukung manfaat kelor. Sebagai contoh, jurnal Asia Pacific Journal of Cancer Prevention melaporkan bahwa penurunan dramatis dalam papiloma kulit ditunjukkan pada tikus setelah mengkonsumsi daun kelor.
  • Anti inflamasi
    Kelor memiliki fungsi pengobatan karena mengandung kalsium dan pospor. Kandungan mineral dan vitamin sangat tinggi dibanding sayuran lainnya. Tidak heran, media asing banyak yang menyebut kelor sebagai “miracle tree” maupun “Tree for Life”.
    Dari penelitian daun kelor mamppu menghambat aktifasi NFkB dan menurunkan ekspresi protein tumor
  • Menurunkan kolesterol jahatKelebihan kolesterol dapat memacu berbagai penyakit. Tingginya kadar kolesterol dipicu pola makan yang kurang sehat dan ditambah faktor psikologis seperti stress. Hormon adrenalin dan kostisol dapat memicu produksi kolesterol dalam tubuh.
    Penelitian tentang daun kelor membuktikan, bahwa efek dari ekstrak kelor dapat sebanding dengan obat atenolol dalam menurunkan kadar lemak dalam tikus. Penelitian ini masih banyak dilakukan juga terkait peran i2 sitosterol, senyawa bio aktif yang terkandung dalam daun kelor. 
  • Mengatasi Nyeri, Letih, Linu
    Daun kelor mengandung pterigospermin yang merangsang kulit sehingga dapat berfungsi sebagai param yang manghangatkan. Jika daun kelor dilumat dan dibalur akan mengurangi rasa nyeri karena bersifat analgesik.

Selain manfaat diatas, daun kelor untuk obat juga dikenal bermanfaat untuk mengatasi : reumatik, asam urat, artritis, Mampu meningkatkan imunitas, dan merupakan sumber antioksidan tinggi.

Daun kelor adalah bagian paling bergizi dari tanaman kelor sendiri, merupakan sumber penting vitamin B6, vitamin C, provitamin A sebagai beta-karoten, magnesium dan protein antara nutrisi lain yang telah diteliti di lab. oleh USDA. Jika dibandingkan dengan makanan umum, daun kelor sangat tinggi dalam kandungan nutrisi nya :

Perbandingan kandungan kelor dan makanan lainnya

  • Nutrisi makanan – Jenis Makanan Umum – Kandungan Daun kelor
  • Vitamin A – wortel – 1,8 mg – 6,8 mg
  • Kalsium – Susu – 120 mg – 440 mg
  • Kalium – pisang – 88 mg – 259 mg
  • Protein – Yogurt – 3,1 g – 6,7 g
  • Vitamin C – Jeruk – 30 mg – 220 mg

Secara tradisional daun kelor dimasak dan digunakan seperti bayam. Selain digunakan segar sebagai pengganti bayam, daun biasanya dikeringkan dan ditumbuk menjadi bubuk digunakan dalam sup dan saus. Sebagai catatan Penting untuk diingat bahwa seperti kebanyakan tanaman kelor pemanasan di atas 60 derajat celcius dapat menghancurkan beberapa nilai gizi.

Khasiat Daun Kelor

Apa sesungguhnya yang membuat Kelor dipandang sebagai Pohon Ajaib ?

Hal yang paling utama adalah Kelor ini mengandung begitu banyak nutrisi yang luar biasa. Faktanya memang demikian, misalnya saja dalam berat yang sama daun Kelor mengandung lebih banyak protein dan kalsium dari segelas susu. Itulah mengapa Kelor menjadi begitu penting bagi banyak orang dan layak untuk dipromosikan manfaat dan khasiatnya. Cara terbaik dan paling populer untuk mengambil manfaat dan khasiat Kelor bagi kesehatan adalah diminum sebagai Teh Daun Kelor.

Makan dan minum Kelor dapat membantu mereka memerangi gangguan pencernaan, mual, diare, mengatasi infeksi dan penyakit tertentu. Mereka juga menggunakan teh untuk menangkal sejumlah penyakit yang berbeda. Teh Kelor juga bagus untuk membantu orang melawan obesitas, karena begitu penuh nutrisi. Teh Kelor memiliki begitu banyak kegunaan dan minum Teh Kelor setiap hari sangat efektif untuk pencegahan dan agar tubuh tetap sehat.

Faktanya tidak ada teh lain di dunia ini yang memiliki kelengkapan khasiat seperti Teh Kelor. Teh Kelor memiliki begitu banyak efek menguntungkan yang berbeda yang benar-benar tampak seperti zat ajaib. Bagi sebagian orang, Teh Kelor memang benar-benar bisa menjadi sebuah keajaiban.

Teh Kelor meningkatkan energi secara alami dan merupakan sumber nutrisi yang luar biasa. Meningkatnya energi setelah meminum Teh Kelor tidak terjadi karena gula, sehingga berlangsung untuk waktu yang lama. Orang-orang yang meminum Teh Kelor setiap hari mengaku bahwa luka inpeksi mereka sembuh, membatasi pertumbuhan tumor, ada pengurangan rasa sakit karena radang sendi, tekanan darah terkontrol, mengembalikan keremajaan kulit dan akhirnya mereka memiliki pertahanan yang lebih kuat terhadap penyakit.

Khasiat lain yang dimiliki Teh Kelor adalah kemampuannya untuk menenangkan sistem syarat pada otak karena mengandung GABA yang bersifat neorotransmiter, menurunkan tekanan darah dan meningkatkan kualitas tidur. Teh kelor pun memiliki efek detoksifikasi yang dapat mengeluarkan racun dalam tubuh.

Berikut adalah manfaat dari makan dan minum Kelor setiap hari :

  • Meningkatkan Pertahanan Alami tubuh.
  • Menyediakan nutrisi untuk mata dan otak.
  • Meningkatkan metabolisme tubuh dengan kandungan bahan alaminya.
  • Mendorong perbaikan struktur sel dalam tubuh.
  • Meningkatkan serum alami kolesterol.
  • Menghilangkan munculnya keriput dan garis-garis halus di permukaan wajah.
  • Meningkatkan dan menormalisasi fungsi hati dan ginjal.
  • Memperindah kulit.
  • Meningkatkan energi non gula.
  • Meningkatkan pencernaan.
  • Bertindak sebagai antioksidan.
  • Meningkatkan sistem kekebalan tubuh.
  • Meningkatkan sistem peredaran darah yang sehat.
  • Anti-inflamasi alami.
  • Secara umum memberikan perasaan sehat dan bugar.
  • Menstabilkan kadar gula normal dalam tubuh.
  • Menimbulkan perasaan sehat, bugar dan berenergi.

 

Baca Artikel lainnya  !!!

Incoming search terms:

  • cara pemberian daun kelor untuk kelinci

You may also like...

%d bloggers like this: